Home > Games

MSC 2024 Dinobatkan Sebagai Kejuaraan Prize Pool Terbesar Sepanjang Sejarah Piala Dunia Esports MLBB

Salah satu hal yang mencuri perhatian adalah prize pool atau total hadiah yang sangat besar untuk turnamen Mobile Legends
(Sumber: Instagram mobilelegendsgame)
(Sumber: Instagram mobilelegendsgame)

JAKARTA - Mobile Legends: Bang Bang telah dipilih sebagai salah satu games kompetitif yang akan tampil di Piala Dunia Esports. Mobile Legends: Bang Bang Mid Season Cup (MSC) dan MLBB Women's Invitational (MWI) akan diadakan di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, menandai kehadiran pertama di luar wilayah Asia Tenggara untuk kedua acara tersebut.

Rebranding turnamen MSC 2024 oleh Moonton nampaknya dilakukan dengan serius. Dengan berkolaborasi bersama Piala Dunia Esports, MSC kini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tim-tim Asia Tenggara, melainkan telah meningkat statusnya menjadi turnamen tingkat dunia.

Sepanjang sejarah, terdapat turnamen Mobile Legends: Bang Bang yang menawarkan prize pool atau total hadiah terbesar di seluruh dunia.

Salah satu hal yang mencuri perhatian adalah prize pool atau total hadiah yang sangat besar untuk turnamen Mobile Legends, mencapai tiga juta dolar AS atau setara dengan 47,1 miliar rupiah.

Dengan lebih dari 1,46 miliar instalasi dan basis pengguna aktif bulanan melebihi 110 juta, judul multiplayer online battle arena (MOBA) yang terkenal ini akan menampilkan tim-tim esports profesional dari 14 wilayah internasional dan lebih dari 35 negara. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan total hadiah terbesar dalam sejarah kompetisi MLBB, mencapai USD 3.000.000.

Prize pool sebesar US$3 juta ini merupakan pencapaian baru yang belum pernah diperlihatkan oleh Moonton dalam turnamen sebelumnya. Bahkan, M5 World Championship yang berlangsung beberapa waktu lalu di Filipina hanya memiliki prize pool sebesar US$900 ribu.

Dibandingkan dengan MSC terakhir yang diadakan di Kamboja, prize pool yang disediakan hanya sejumlah US$300 ribu. Dengan kata lain, prize pool untuk MSC 2024 di Riyadh akan mengalami peningkatan sepuluh kali lipat dari penyelenggaraan sebelumnya.

Sementara itu, MWI 2024 juga menghadirkan prize pool yang signifikan, dengan total mencapai USD 500 ribu. Dalam kompetisi ini, 12 regional akan bersaing untuk memperebutkan potongan dari prize pool tertinggi.

Dengan kehadiran tim-tim dari wilayah-wilayah baru yang ikut serta, iterasi tahun ini membuka peluang tanpa batas bagi lebih banyak wilayah untuk terlibat. Ini sejalan dengan visi kami untuk memperluas MSC dan MWI, mengadvokasi keberagaman dan inklusivitas yang lebih besar.

Ray Ng, Head of Esports Ecosystem di MOONTON Games, menyatakan kegembiraannya atas kolaborasi dengan Esports World Cup Foundation untuk merealisasikan MSC dan MWI di Riyadh.

"Turnamen ini memberikan peluang besar bagi wilayah-wilayah baru untuk turut serta, sesuai dengan tujuan kami untuk memperluas cakupan MSC dan MWI dengan semangat keberagaman," ujar Ray.

"Kolaborasi ini menandai babak baru dalam sejarah esports Mobile Legends: Bang Bang dan ekosistem esports global," lanjutnya.

MSC 2024 direncanakan akan digelar di Riyadh mulai tanggal 1 hingga 14 Juli 2024. Informasi mengenai tanggal penyelenggaraan MWI 2024 akan diumumkan pada kesempatan yang akan datang.

× Image